Recent Comments

Searching...
Thursday, August 21, 2014

Peran pemuda Dalam Mengisi Kemerdekaan

1:22 PM


"PEMUDA" jika mendengar kata ini ada banyak hal yang terbersit di pikiran kita misalnya,kaum muda,berani,semangat,pantang menyerah,ingin menjadi yang terdepan atau kata bung rhoma  itu berapi-api dan masih banyak lainnya. namun bagi saya bila mendegarkan kata pemuda yang ada di benak saya adalah "penerus bangsa". Maksudnya pemuda itu mempunyai arti sebagai penerus dari harapan dan perjuangan yang telah lebih dahulu dilakukan oleh para generasi sebelum kita,pemuda adalah mereka yang akan menentukan ke mana NKRI ini berlabuh,apakah akan dibawah ke kemajuan dan kemakmuran bangsa ataukah akan di bawah pada kehancuran dan perpecahan bangsa. Anggapan seperti ini terkadang menjadi beban beban moral yang ditanggung bagi kita sebagai pemuda,terkadang saya bertanya sendiri apakah pemuda di indonesia ini sanggup memenuhi  tanggung jawab yang  diberikan oleh generasi tua ?, apakah kami sanggup berjuang mengorbankan jiwa raga bertumpah darah melawan penjajah seperti halnya bung Karno dan para pejuang kemerdekaan dahulu,apakah kami sanggup  berjuang serperti halnya aktivis tahun 1998  yang memperjuangkan reformasi,mereka turun kejalan ditembaki aparat,di kejar-kejar hingga masuk kehutan bersembunyi berbulan-bulan lama,atau jika tertangkap akan menghilang tak tahu rimbanya seperti halnya wiji tukul.?.


Melihat kondisi pemuda indonesia yang sekarang ini saya sebenarnya merasa sedikit pesimistis akankah pemuda generasi sekarang ini masih bisa mengemban amanah generasi tua untuk meneruskan dan memajukan NKRI ini agar tetap bersatu padu sesuai dengan  cita-cita luhur bangsa kita yaitu PANCASILA.  lihat saja berapa kali sekali kita melihat berita di televisi banyak sekali pemuda kita telibat kekerasan,NARKOBA, Minuman keras,tawuran antar pelajar,mahasiswa, dan suku. Belum lagi banyak pemuda Indonesia  yang mengikuti budaya bangsa-bangsa lain seperti budaya orang barat, dan melupakan budaya dari negaranya sendiri Indonesia,misalnya seks bebas yang sudah sekarangpun sudah banyak dilakukan pemuda indonesia. Namun selama beberapa bulan ini ketika orang-orang sibuk dengan pemilu dan pilpres di tahun ini,rasa pesimistis saya mulai memudar,semua itu dikarenakan orang-orang yang ribut pemilihan presiden. Ternyata setelah saya amati mereka yang ramai ribut-ribut ini kebanyakan masih berusia muda,mereka ini masih bersekolah di SMA,KULIAH atau bekerja yang umurnya masih dibawah empat puluh tahun. Dan ini mempunyai arti penting bagi saya; ternyata masih banyak pemuda indonesia yang peduli akan nasib bangsanya kedepan. Lihat saja di media-media sosial baik itu Facebook,Twitter, BBM atau yang lainnya mereka saling membela presiden pilihan mereka misalnya mereka ada yang bilang "pilihlah prabowo presiden yang tegas" dari sini yang dapat saya cermati ternyata pemuda ini mempunyai harapan agar ingin bangsa indonesia mempunyai pemimpin yang tegas,agar bangsa indonesia tidak lagi dipandang sebelah mata oleh bangsa lain,terutama malaysia yang seenak-enaknya menginjak harga diri kita sebagai sebuah bangsa.  Ada lagi komentar para pendukung CAPRES yang lainnya
"pilihlah jokowi agar kita mempunyai pemimpin yang dekat dengan rakyat". Dari komentar itu dapat kita simpulkan bahwa pemuda yang satu ini menginginkan pemimpin yang dekat dengan rakyatnya,seorang pemimpin yang mengerti dan ikut merasakan bertapa sulitnya permasalahan yang dihadapi oleh rakyat sehingga nantinya bisa menemukan jalan keluar yang terbaik sesuai dengan keinginan rakyat dan tanpa ada yang disakiti. Dari gelaran pilpres ini kita dapat mengambil hal yang penting ternyata pemuda Idonesia masih peduli akan nasib bangsanya,mereka masih ingin bangsa indonesia menjadi bangsa yang besar.bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju,mandiri,dihormati oleh bangsa lainya.

Seorang pemuda indonesia yang cukup terkenal bagi bangsa ini anies baswedan pernah berkata "aset berharga  bagi bangsa kita bukanlah kekayaan alamnya tetapi adalah Pemudanya." bagi saya kata-kata ini mempunyai arti yang sangat besar dan dalam sekali untuk kita cermati ,yaitu kekayaan alam kita;minyak bumi,batu bara,pertambangan,hutan,laut,hasil pertanian semua itu yang dimiliki oleh bangsa kita tidak akan ada harganya sama sekali bila dibandingkan dengan pemuda;kita,para generasi muda. karena pada generasi kitalah harapan dan cita-cita kebangkitan bangsa dari keterpurukan dititipkan. Kita adalah asa yang kelak diharapkan menjadi tonggak berdiri tegaknya kebenaran. Kita generasi yang berlumuran doa-doa serta tangis harapan orang tua agar kelak menjadi agen perubahan bagi republik ini.


Di era saat ini untuk mengisi kemerdekaan negara kita tercinta ini,kita tidak harus turun ke medan perang berkorban tumpah darah untuk memperjuangkan bangsa seperti halnya yang dilakukan oleh para pejuang kita terdahulu tapi kita dapat melakukannya dengan cara berprestasi di bidang yang kita geluti seperti halnya yang dilakukan oleh para pemuda kita di tim nasional U19 yang mampu bersaing mengharumkan nama indonesia di kancah asia tenggara dan asia di bidang yang mereka sukai di sepak bola,ada juga yang berprestasi di bidang bulu tangkis seperti halnya simon santoso,taufik hidayat,liliyana natsir, ada juga dian pelangi yang rancangannya menembus paris fashion week,rio haryanto yang tengah mencicipi sengitnya persaingan di gp2,ada juga yohanes surya yang hampir setiap tahunnya siswa didikannya menorehkan prestasi di ajang olimpiade fisika internasional, mereka adalah pemuda dan pemudi yang prestasinya tak perlu diragukan lagi dimata dunia. Dari para pemuda yang berprestasi ini kita dapat mengambil pelajaran yaitu bagaimana cara mengisi kemerdekaan sebagai pemuda saat ini? Dan jawaban nya sangat sederhana Yaitu dengan  "belajar yang rajin bekerja yang keras" . Mereka para pemuda kita yang berprestasi di dunia ini,sebelum mereka sukses mereka sebelumnya telah belajar dengan sangat  rajin,berlatih dengan kerasnya dan pantang menyerah. Apapun profesi kita,cintailah profesi tersebut dengan sepenuh hati jika kita cinta penuh pada profesi yang sedang ditekuni,maka profesi tersebut akan mencintai kita dengan memberi imbalan finansial yang maksimal. Jangan setengah-setengah dalam menjalani profesi. Tidak ada kesuksesan dalam hidup yang tidak ditempuh dengan kerja keras. tidak ada orang yang berhasil dalam hidup jika hanya berpangku tangan. Semua kesuksesan pasti diawali dengan kerja keras dan kerja cerdas.


Jumlah pemuda di indonesia saat ini menurut proyeksi badan pusat statistik (BPS) pada tahun 2013 dengan jumlah 62,6 juta orang. jika dipersentasekan maka jumlah pemuda ini mempunyai jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan jumlah penduduk yang berumur masih anak-anak dan telah lanjut usia. Keadaan seperti ini pernah tejadi pada negara jepang,dulu sebelum jepang maju seperti sekarang ini, mereka mempunyai jumlah rata-rata yang lebih besar dibandingkan dengan usia lainya. Harusnya bangsa indonesia dapat mencontoh jepang bagaimana mereka memanfaatkan potensi yang ada pada para pemudanya pada saat itu.apalagi saat ini kita mempunyai para pemuda yang berprestasi tingkat dunia,kita mempunyai banyak ahli yang bekerja di perusahaan asing,kita juga mempunyai banyak dosen yang mengajar diluar negeri. Dan kita masih mempunyai para pemuda yang peduli akan kemajuan terhadap bangsanya. seorang profesor keturunan  indonesia yang akan mengajar di jepang pernah berujar "TRAGEDI TERBESAR DARI SUATU BANGSA IALAH KETIKA PARA PEMUDANYA TIDAK MEMPUNYAI LAGI RASA PEDULI,HARAPAN,DAN CITA-CITAPADA BANGSANYA SENDIRI"
Terima kasih...semoga yang terbaik selalu berpihak pada kita...






0 comments:

Post a Comment